Inilah Cara Copywriting Tepat Promosi

Spread the love

Inilah cara copywriting tepat dalam mempromosikan produk ataupun event anda dengan tepat yang kami kutip dari guru dan narasumber berpengalaman dalam menulis iklan dan membuat ribuan peserta kursus tinggal kopi dan paste saja segala materi materi yang disediakan.

cara copywriting tepat

Ini sebenarnya materi ekslusif yang kami dapatkan melalui kursus online yang sudah diikuti ribuan UKM Bisnis dan pelaku usaha online maupun offline yang awalnya merasakan kesulitan dalam menyusun kata kata kalimat promosi iklannya.  melalui kurusu online ini anda tidak perlu ketemu muka jauh jauh misal anda ingin kursus online di Surabaya,ingin kursus online dari Jakarta, ingin kursus jualan dari Papua, Kursus online dari Maluku ataupun dari belahan dunia Amerika bahkan Arab Saudi sekalian bisa mengikuti ini kursus Instant Copywriting yang sangat murah.

Copywriting itu apa sebenarnya ?

Copy writing adalah susunan kalimat yang digunakan untuk promosi agar pembeli, pelanggan segera merespon positif untuk segera membeli produk anda. Penggunaan copywriting dalam dunia promosi sangat luas dan harus memperhatikan unsur manusiawinya.

Mengapa banyak iklan promosi anda sudah bagus tapi belum menghasilkan closing penjualan ?

Ada banyak alasan mengapa copywriting kita tidak menghasilkan, bisa karena target pasar, susunan kata yang kurang tepat ataupun strategi yang beum menghasilkan ?.Ada 80 persen pembelian karena unsur emosional, maksudnya jika ada 10 calon pembeli maka 8 orang beli karena emosionalnya masuk diterima oleh konsumen.

Copywriting bukan tulisan yang asal jadi. Ada poin-poin yang perlu Anda lengkapi agar iklan Anda enak di
baca dan tentunya menghasilkan penjualan. Poin-poin disebut dengan elemen copywriting.

“Copywriting Bukan Tulisan Asal Jadi”

Secara sederhana, Headline adalah kalimat awal yang ada dalam copywriting Anda. Bisa di katakan, headline adalah bagian yang sangat penting dalam iklan Anda. Riset mengatakan, dari 10 orang yang menerima iklan, hanya 2 orang yang memutuskan untuk membaca iklan sampai selesai. Apa artinya ini? Artinya orang-orang akan memutuskan lanjut baca atau tidak  setelah mereka membaca headline iklannya.

Tugas headline adalah membuat orang tertarik dan penasaran dengan apa yang mau Anda sampaikan.
Jika headlinenya biasa-biasa saja, maka bisa di pastikan  keseluruhan iklan Anda tidak akan di baca. Dan ketika iklan tidak di baca, itu berarti tidak ada penjualan. inilah mengapa, banyak profesional mengatakan bahwa headline
itu sangat penting. Bahkan beberapa orang mengaku, saat membuat copywriting, mereka membutuhkan waktu yang lama dalam menyusun headline.

“Kegagalan Copywriting Di Mulai dari Gagal Merancang Headline yang Menarik”

Karena inilah, Salah satu yang harus Anda perhatikan saat menulis copywriting adalah Apakah headline Anda sudah sangat menarik dan membuat pembacanya penasaran?.  Jika belum, maka jangan sebar copywriting Anda.

Terkadang, ada orang-orang yang berhasil memancing prospek untuk membaca iklan mereka, tapi sayangnya, setelah headline mereka langsung menyodorkan produk. Ini mirip seperti tamu yang tidak sopan. Setelah pintu di buka, kemudian si tamu langsung masuk rumah padahal belum di persilahkan. Jika ini di lakukan dalam copywriting, maka bisa dipastikan hasil copywritingnya kecil. Bahkan dalam banyak kasus, copywritingnya tidak menghasilkan penjualan satupun. jadi, apa yang seharusnya di lakukan?.

Sebaiknya, sebelum menawarkan sesuatu, Anda memulainya dengan kalimat-kalimat pengantar. Kalimat pengantar ini bisa berupa cerita, fakta-fakta, hasil riset, pertanyaan, menceritakan latar belakang, atau berbentuk sapaan.
Buatlah tulisan yang bisa menyambungkan headline dengan produk Anda. Inti dari pengantar adalah pendekatan dulu.

Buat pembaca Anda hanyut, dan mengangguk saat membaca bagian ini. Semakin di baca, semakin membuat pembacanya larut dalam tulisannya. Memang tahap ini menantang.  Tapi jika Anda bisa melakukannya, maka akan memudahkan Anda dalam menjual sesuatu. Jadi, setelah headline, jangan lupakan bagian pengantar ya. ^^

Pada dasarnya orang tidak suka di juali.Karena itu, pendekatan dulu baru jualan. Jika pendekatan Anda salah, maka hasilnya bermasalah. Di bagian inilah Anda mulai memperkenalkan produk Anda. Jelaskan manfaat produk Anda. Jika manfaatnya banyak, Anda bisa gabungkan 3 manfaat dalam 1 pharagraf atau Anda bisa menuliskannya dalam poin-poin.

Ingat ya, Yang di ceritakan adalah manfaatnya. Banyak orang di bagian ini sibuk menceritakan fitur produk.
Padahal, fitur dengan Benefit (manfaat) itu berbeda. Misal Anda jual obat. Maka jangan ceritakan komposisinya, karena tidak ada yang peduli dengan itu, kecuali jika ada yang menanyakan.

Calon pembeli ingin tahu produk Anda bisa apa, mereka tidak peduli dengan cara buatnya. contoh saja semisal Orang beli shampoo untuk menghilangkan ketombe, bisa jadi karena aromanya. Orang beli pakaian karena desainnya, karena ukurannya pas, karena bahannya nyaman. Orang beli makanan, karena itu enak, karena rasanya, karena mereka penasaran. Orang mendaftar jadi reseller, karena peluangnya, karena produknya mudah di jual.

salah satu yang utama lagi adalah Kata kuncinya bagaimana manfaat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Itulah yang seharusnya Anda ceritakan.

“Ketika Orang Paham dengan yang Anda Jual, Maka Kemungkinan Produk Anda Terbeli akan Semakin Besar”

Sebagai tambahan Di bagian ini kalau perlu ceritakan perbedaan produk Anda dengan produk kompetitor. Tonjolkan hal-hal yang uniknya. Tapi ingat, cukup ceritakan kelebihan Anda tanpa perlu menjelekan orang lain ya,

Inilah kunci agar copywriting Anda di respon pembacanya. Yaitu penawaran.

Bagian sebelumnya, hanya menceritakan produk Anda. Tapi bagian ini yang akan menggerakan pembaca untuk tertarik.  Terkadang, orang membeli bukan semata-mata karena butuh produknya. Terkadang, orang membeli  karena penawarannya yang menarik. Jadi, buatlah penawaran yang bahkan Anda sendiri tidak bisa untuk menolaknya.

Penawaran yang umum di gunakan ada 3 yaitu Pertama, Bonus spesial,  Kedua, Potongan harga Ketiga, Kemudahan.

Jika Anda bisa, berikan bonus untuk setiap pembelian. Sebaiknya bonus yang di berikan juga bonus yang berkualitas. Karena semakin berkualitas bonusnya, semakin membuat orang tertarik. Apalagi jika bonusnya berkualitas dan jumlahnya banyak.

Kemudian potongan harga, atau orang menyebutnya dengan diskon. Tidak bisa di pungkiri, bahwa ketika kita bisa mendapatkan sesuatu dengan harga yang jauh lebih hemat, itu adalah sebuah kesenangan tersendiri, hehe
Nah, hal ini juga berlaku untuk calon pembeli Anda. Sesekali berikanlah penawaran potongan harga.

Jelaskan nominal yang bisa mereka hemat, dan tonjolkan harga setelah di potong diskon. Buat itu seolah-olah murah, maka copywriting Anda akan sangat membius.

Lalu bagaimana jika Anda tidak bisa memberikan bonus atau potongan harga?

Artinya fokus ke penawaran ketiga, yaitu kemudahan. Berikan kemudahan untuk pembaca iklan Anda. Apakah
kemudahan transaksi, kemudahan pengiriman, atau kemudahan lainnya. Kemudahan akan memancing pembaca copywriting Anda untuk tertarik.

“3 Penawaran yang biasa digunakan. Bonus, Potongan Harga, Kemudahan”

Kebanyakan orang saat menulis copywriting, mereka lupa menyertakan alasan kenapa produknya harus di beli sekarang. Produknya sudah bagus, penawarannya sudah menarik, tapi tidak ada asalan yang kuat kenapa produk itu harus di beli tanpa menunda. Sehingga, copywritingnya tidak bertenaga, dan tidak menghasilkan apa-apa.

Karena itu, tugas kita adalah Setelah menjelaskan semuanya, maka yakinkan pembaca copywriting kita untuk melakukan sesuatu. Sudah di yakinkan saja masih ada yang ragu, apalagi jika tidak di yakinkan, hehe.
Meyakinkannya dengan apa?.

inilah beberapa kiat agar copywriting promosi iklan maupun event kita berhasil masuk ke konsumen yang berujung penjualan yang kamisarikan dari berbagai sumber dari kursus online Instan Copywriting  dari Entreprener ID jika ingin bergabung dengan kursus online ini bersama saya silahkan klik link berikut nanti kami jelaskan lebih detilnya disini 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *